Minggu, 14 Juli 2013

Doa Setelah Shalat Tarawih : Doa Kamilin

Di antara doa yang biasa dibaca setelah shalat Tarawih adalah doa di bawah ini, yang di masya­rakat dikenal sebagai Doa Kamilin:

Bismillihir-rahmanir-rahim. Alhamdu lillahi hamdan yuwafi ni'amahu wa yukafi mazidahu ya rabbana lakal- hamdu kama yanbaghi lijalali wajhika wa''azhimi sul- thanik. Allihumma shalli wa sallim 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala alihi wa shahbihi ajma'in.
Allahummaj'alna bil imani kamilin, wa lifara'idhika mu'addin, wa 'alash-shalati hafizhin, wa lizzakati faa'ilin, wa lima 'indaka thalibin, wa li'afwika rajin, wa bil-huda mutamassikin, wa 'anil-laghwi mu'ridhin, wa fid-dunya zahidin, wa fil-akhirati raghibin, wa bil-qadha 'i radhin, wa bin-na'ma'isyakirin, wa 'alal-balaaya shabirina wa tahta liwa'i sayyidina muhammadin shallallahu 'alayhi wa sallama yawmal-qiyamati saairina wa 'alal hawdhi waridina wa fil-jannati dakhilina wa 'ala sariril-karamati qa'idina wa bihurin 'inin mutazawwijin, wa min sundusin wa istabraqin wa dibajin mutalabbisin, wa min tha'amil-jannati aakilin, wa min labanin wa 'asalin mushaffayni sya- ribin, bi-akwabin wa abariqa wa ka'sin min ma'in ma'al-ladzina an'amta 'alaihimminan-nabiyyina wash-shiddiqi- na wasy-syuhada'i wash-shalihina wa hasuna ula'ika rafiqa, dzalikal-fadhlu minalllahi wa kafa billahi 'alima.

Allahummaj'alna fi hadzihil-laylatisy-syarifatil-mu- barakati minas-su 'ada-il-maqbulina wa la taj'alnallaahum-ma minal-asyqiya-il-mardudina birahmatika ya arha- mar-rahimtn. Ilahana 'afina wa'fu 'anna waghfirillahum- ma lana wa liwalidina wa li-ummahatina wa li ikhwanina wa li akhawatina wa li azwajina wa li ahlina wa li ahli baytina wa li ajdadina wa lijaddatina wa li asatidzatina wa li masyayikhina wa li mu'allimina wa liman 'allam- nahu wa liwulati amrina wa li dzawil-huquqi 'alayna wa liman ahabba wa ahsana ilayna wa liman hadana wa hadaynahu ilal-khayri wa liman awshana wa washshay- nahu bid-du'a'i wa lijami'il-muslimina wal-muslimati wal mu'minina wal-mu'minati al-ahya'iminhum wal-amwati waktubillahummas-salamata wal-'afiyata 'alayna wa 'alayhim wa 'ala 'abidikal-hujjaji wal-ghuzati waz-zuw-wari wal-musafirina fil-barri wal-bahri minat muslimina wa qina syarrazh-zhalimina fanshurna 'alal-qawmil- kafirina ya mujibas-sa-ilina wakhtim lana ya rabbana minka bikhayrin ya arhamar-rahimin.
Wa shallallahu 'ala khayri khalqihi sayyidina mu­hammadin wa 'ala alihi wa shahbihiajma'ina wa sallim tasliman katslran walhamdu lillahi rabbil-'alamin.

Artinya :

"Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji milik Allah dengan pujian yang sesuai dengan nikmat-nikmat-Nya dan setara de­ngan tambahan-tambahan nikmat-Nya. Wahai Tuhan kami, milik-Mu segala pujian sebagaimana semestinya bagi kebesaran wajah-Mu dan keagungan kekuasaan- Mu. Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, serta kepada ke­luarganya dan para sahabatnya.
Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sem­purna imannya, yang melaksanakan kewajiban-ke­wajiban terhadap-Mu, yang memelihara shalat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang ber­pegang dengan petunjuk, yang berpaling dari kebathil- an, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang ridha dengan ketentuan, yang bersyukur atas nik­mat yang diberikan, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari Kiamat, yang sampai kepada telaga (yakni telaga Nabi Muhammad), yang masuk ke dalam surga, yang duduk di atas dipan kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra, yang makan makanan surga, yang mi­num susu dan madu yang murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari para nabi, shiddiqin, syuhada, dan orang- orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui.
Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini tergolong orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya, berkat rahmat-Mu, wahai Yang Paling Pe­nyayang di antara yang penyayang. Tuhan kami, maaf­kanlah kami dan ampunilah kami, juga bapak-bapak kami, ibu-ibu kami, saudara-saudara laki-laki kami, sau- dara-saudara perempuan kami, istri-istri (suami-suami) kami, keluarga kami, kakek-kakek kami, nenek-nenek kami, guru-guru kami, syaikh-syaikh kami, pengajar- pengajar kami, dan orang-orang yang mengajarkan kami, yang mengurus urusan kami, yang memiliki hak terhadap kami, orang-orang yang mencintai kami, yang berbuat baik kepada kami, yang memberi petunjuk ke­pada kami dan yang kami berikan petunjuk kepada ke­baikan, yang kami pesankan untuk mendoakan kami, serta semua muslimin dan muslimat, mukminin dan mukminat, yang masih hidup maupun yang sudah mati. Tetapkanlah keselamatan dan afiat untuk kami dan mereka, juga hamba-hamba-Mu yang sedang menu­naikan haji, para pejuang, para peziarah, orang-orang yang sedang melakukan perjalanan di darat, laut, dan udara dari kaum muslimin, dan peliharalah kami dari kejatan orang-orang yang zhalim. Dan tolonglah kami terhadap orang-orang yang kafir, wahai Dzat Yang Mengabulkan permohonan orang-orang yang meminta. Dan akhirilah hidup kami dengan kebaikan, wahai Tuhan kami, wahai Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang.

Semoga Allah melimpahkan rahmat dan kesejah­teraan kepada makhluk terbaik-Nya, junjungan kami, Nabi Muhammad, beserta keluarga dan para sahabat­nya. Dan segala puji milik Allah, Tuhan sekalian alam."

0 komentar:

Posting Komentar

"MENGABDI UNTUK BERBAKTI"

___________________________

Powered by: Blogger